Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif Jadi Polisi RW 01, Ini Tugasnya

Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif Jadi Polisi RW 01, Ini Tugasnya

Mantan ajudan Wapres Ma'ruf Amin yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Banten, kini mendapat jabatan baru sebagai Polisi RW 01 di Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten. Lantaran masih baru menjabat Wakapolda Banten sekaligus Polisi RW 01, mantan Kapolresta Tangerang itu akan bersilaturahami bersama tokoh penduduk setempat, untuk mengenal lebih jauh sekolah kedinasan TNI POLRI .

"Saya nanti di deket Jalan Bhayangkara situ tugasnya, aku mesti kenalan tempat tinggal dinasnya siapa di situ dan siapa tetangga kita," ujar Wakapolda Banten, Brigjen Pol Sabilul Alif, Rabu (10/05/2023) 886 Personel Polri Ditunjuk Jadi Polisi RW untuk Percepat Pelayanan kepada Masyarakat .

Dia idamkan penduduk yang tersedia di sekitar RW 01, memberitahu dirinya kecuali tersedia masalah bersama tetangga atau menemukan tindak kriminal, agar dapat langsung diselesaikan permasalahannya.

Jika dapat diselesaikan bersama cepat, tidak mesti lagi melapor ke Polsek, Polres maupun Polda. "Kalau nanti tersedia masalah, tolong lapor aku dulu, kecuali tersedia masalah yang sifatnya bersama tetangga yang perlu dukungan polisi, tidak mesti lapor ke polda, polres atau polsek, lapor ke saya, mungkin aku dapat selesaikan, itu dasar polisi RW," terangnya Wakapolda Banten Rangkap Jadi Polisi RW, Apa Saja Tugasnya? .

Polisi RW yang tersedia di lokasi hukum Polda Banten mempunyai banyak peran, layaknya menangkal isu hoax yang kerap menyebar menjelang sampai usai Pemilu 2024. Bahkan melakukan deteksi dini kecuali tersedia orang menyangsikan dan terindikasi pelaku terorisme. Jumlah Polisi RW yang tersedia di Polda Banten sebanyak RW yang tersedia di Desa dan Kelurahan di lokasi hukum Polda Banten, yakni sebanyak 7.532 RW yang akan dipenuhi secara bertahap untuk tahapan yang pertama yang telah terbagi sebanyak 3.619 Polisi RW, kala sisanya akan dibagi terhadap langkah kedua

Dalam pelaksanaan Polisi RW ini melibatkan pamen atau perwira menengah Polri berpangkat Kompol sebagai perwira pengendali Polisi RW, Perwira Pertama atau Pama berpangkat Ipda sampai AKP sebagai pengawas Polisi RW dan anggota yang berpangkat Briptu sampai bersama Bripka sebagai pelaksana di lapangan atau sebagai Polisi RW. "Mengantisipasi terorisme, dikarenakan mereka kebanyakan menyatu dgn masyarakat, ngekos, pasti polisi mesti mempunyai insting antisipasi. Polisi RW menghambat kecuali tersedia isu haox polisi juga mesti tau, dapat langsung WA, sesudah itu dijawab ini enggak bener, ini haox," jelasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Memilih Jenis Ubin Keramik

Kelezatan Pancake Durian Manis: Menggoda Lidah dengan Buah Tropis Terbaik